Skip to main content

8 Makna Guru Kreatif (Creative)


8 Makna Guru Kreatif (Creative)
Guru Kreatif (Creative) akan menjadi keinginan atau harapan setiap pendidik, Kreativitas dalam pembelajaran merupakan istilah yang banyak digunakan, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Pada umumnya orang menghubungkan kreativitas dengan produk-produk kreasi, dan produk-produk kreasi itu merupakan hal yang penting untuk menilai kreativitas. Seperti yang sudah dinyatakan oleh psikolog humanistis Clark Moustakas Bahwa kreativitas merupakan pengalaman yang nyata dalam mengekspresikan (mengaktualisasikan) identitas individu dalam bentuk hubungan dengan diri sendiri, orang lain, bahkan dengan alam.

Didasari dengan pengertian kreatif yang berhubungan dengan penemuan sesuatu, mengenai hal yang menghasilkan dan baru menggunakan sesuatu yang sebelumnya belum pernah ada. Disini bisa dengan sebuah proses atau awal sehingga dapat diartikan bahwa Guru Kreatif adalah guru yang mampu mengaktualisasikan dan mengekspresikan secara optimal segala kemampuan yang di miliki dalam membina dan mendidik Siswa dengan baik dan benar.

Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran

Seorang guru yang kreatif didalam dirinya sudah tertanam sikap peka, inisiatif, cara baru dalam mengajar dan kepemimpinan serta tanggungjawab yang tinggi dalam pekerjaan dan tugasnya sebagai seorang pendidik. Guru bukan hanya orang yang berdiri di depan kelas (Depan siswa) lalu menyampaikan materi dengan pengetahuan yang sebelumnya sudah disiapkan (Materi pembelajaran), akan tetapi anggota masyarakat yang harus ikut aktif dan berjiwa sosial serta kreatif dalam mengarahkan perkembangan anak didiknya untuk menjadi anggota masyarakat yang Ideal.

Idealnya seorang guru memiliki citra yang baik dengan wibawa/ akademik di hadapan siswa, sehingga kehadirannya di sekolah bisa melakukan fungsi keguruan sebagaimana mestinya. Kepada guru lah siswa akan mengonsultasikan berbagai permasalahan yang dihadapi di sekolah baik sebagai siswa maupun personal. Beragam persoalan yang dikemukakan memerlukan pemikiran yang berbeda dan cara penyelesaian yang tepat sehingga memiliki hasil yang sesuai.

Implikasinya seorang guru harus memahami konsep kreativitas dan belajar bersikap kreatif, supaya bisa memandang permasalahan secara komprehensif dan merekomendasi solusi kepada siswa secara tepat. Semua prosesnya tidak akan berjalan sebagai mana mestinya, namun harus memiliki konsep dan persiapan yang matang untuk mencapai titik kesuksesan dalam proses belajar mengajar.

Lalu bagaimana kita memaknai tentang Guru Kreatif tersebut?

8 Makna Guru Kreatif (Creative)
Gambar Oleh : MAKNA CRAFT

Memperkenalkan MAKNA CRAFT

8 Point Mengenai Makna Guru Kreatif (Inspiratif)

      1. Cekatan
  • Guru Cekatan atau bisa dibilang dengan bergerak cepat (Lincah) membuat suasana kelas menjadi hidup dan tangkas dalam menangani berbagai masalah (KMB).

      2. Respect
  • Guru yang memiliki Jiwa Sosial besar terhadap setiap permasalahan siswa, menghargai potensi terbaiknya, membantu meningkatkan kemampuan siswa yang memiliki keterbatasan dan memberikan Reward atas prestasi yang sudah ia dapat. 

      3. Empatik
  • Memiliki rasa Empatik terhadap siswa yang memiliki kekurangan baik dari segi ekonomi maupun fisik, kecerdasaran atau ekonomi siap mengulurkan tangannya untuk mengurangi beban siswa.

      4.  Aktif
  • Bergerak Aktif melakukan segala sesuatu termasuk melakukan tindakan untuk meningkatkan kemajuan sekolah, Aktif berinteraksi dan memotivasi siswa untuk melakukan segala sesuatu hal yang Positif

      5. Teladan
  • Mempu memberikan keteladanannya baik dilakukan secara lisan saat disekolah maupun lingkungan masyarakat. Memiliki prinsip bahwa halnya dalam mengajar harus dilakukan dengan cara keteladanan dan Harus Cinta Dengan Apa Yang Kita Kerjakan.

      6. Inspiratif
  • Setelah selesai dilakukan proses belajar mengajar akan meninggalkan rasa rindu terhadap guru atas ketidak hadirannya. Guru Inspiratif adalah mereka yang mampu merubah/ menciptakan pola pikir dan perilaku setiap siswanya supaya menjadi lebih baik (Karna itu akan dikenang sepanjang masa)

      7. Visioner
  • Datang ke sekolah tidak hanya sekedar mengajar kemudian pulang ke rumah. Tetapi punya impian dan ingin melakukan sebuah tindakan nyata untuk membangun siswa disekolah. Cara berpikirnya Open Minded dan punya pandangan yang luas untuk menatap masa depan

      8. Energik
  • Mampu membangun suatu kondisi dalam proses belajar mengajar yang Dinamis dan Aktif, menjadikan proses belajar mengajar layaknya kelas Training. Menggerakan siswa untuk terus berperan Aktif dalam pembelajaran. Guru Pembelajar yang siap berkolaborasi untuk terus memantaskan diri menjadi Guru Inspiratif 
Menjadi Guru Adalah Panggilan (To Be a Teacher is a Call).
Semoga informasi ini bisa lebih bermanfaat dan Bangga Menjadi Guru Indonesia

*Cheers

Please Comment Below..

Comments

Post a Comment