Skip to main content

Cara Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS Lengkap dan Optimal


Hari ini saya akan mengulas sekaligus membagikan kata kunci untuk Cara Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS yang sudah dikemas lengkap dan optimal. Sebenernya kata untuk DUK tidak ada didalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) hanya saja akronim tersebut sudah menjadi sebuah kebiasaan. DUK merupakan kepanjangan dari Daftar Urut Kepangkatan.

5 Ketentuan membuat (DUK) PNS yang baik dan benar sesuai peraturan yang berlaku.

Ya? DUK merupakan kepanjangan dari Daftar Urut Kepangkatan sehingga dalam menyusun kepangkatan PNS harus diurutkan/ disusun berdasarkan pangkat paling tinggi, jadi bukan dilihat dari lamanya masa kerja. Nah, guna menunjang administrasi pada bagian kepegawaian di Tingkat/ Satuan Pendidikan Sekolah SD, SMP, dan SMA, maka perlulah dibuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK).

Pastinya pembaca sudah mengetahui mengenai hal ini, hanya mengingatkan saja saya akan mengulas mengenai Pembuatan DUK. DUK biasanya disusun/ dibuat setiap akhir tahun, tepatnya pada bulan Desember, selain itu supaya nanti semua prosesnya bisa sesuai dengan susunan rencana dalam menghitung masa kerja PNS, dihimbau untuk download juga aplikasi penghitung Masa Kerja guru dan TU PNS Otomatis.

Berdasarkan informasi yang diambil dari sumber terpercaya. Proses pembuatan Daftar Urut Kepangkatan disusun rapih dan disesuaikan dengan, Masa Kerja, Pangkat, Jabatan, Latihan Jabatan, Pendidikan dan Usia, namun ternyata ada juga sebagian ketentuan yang diberlakukan dan harus diperhatikan dalam pembuatan DUK ini sehingga nantinya tidak keliru. Nah, berikut ketentuan membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS yang baik dan benar sesuai aturan yang berlaku.

Berikut adalah ketentuan dalam membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS yang baik dan benar sesuai peraturan yang berlaku.
  • Setiap PNS yang memiliki pangkat yang lebih tinggi maka harus dicantumkan ke dalam nomor Daftar Urut Kepangkatan (DUK). Semisal ada 2 orang PNS yang berpangkat sama, seperti sama berpangkat Pembina/ golongan ruang, maka dari PNS tersebut harus ada pangkat yang dicantumkan dalam nomor urut yang lebih tinggi.
  • Jika 2 orang PNS memiliki pangkat yang sama dan diangkat dalam waktu sama juga, maka dari salah satu PNS tersebut harus ada yang memiliki jabatan yang lebih tinggi dan dicantumkan kedalam nomor urut DUK.
  • Jika 2 orang PNS memiliki pangkat yang sama, maka salah satu dari PNS tersebut harus ada yang lebih dahulu diangkat dalam jabatan yang sama tingkatnya, dan dicantumkan juga ke dalam nomor urut yang lebih tinggi dalam DUK.
  • Jika ada 2 orang atau lebih PNS yang berpangkat sama, dan memangku jabatan yang sama juga, maka dari salah satu PNS tersebut harus memiliki masa kerja sebagai PNS yang lebih banyak disertakan ke dalam nomor urut yang lebih tinggi dalam Daftar Urut Kepangkatan (DUK).
  • Terakhir, Masa kerja yang harus diperhitungkan dalam DUK adalah masa kerja yang dapat diperhitungkan untuk penetapan gaji setiap anggota PNS.
Cara Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS Lengkap dan Optimal
Setelah pengunjang Blog Makna Guru membaca semua penjelasan diatas dan lebih mudah untuk memahaminya, diharapkan untuk selalu memperbarui Daftar Urut Kepangkatan di Sekolah dalam setiap tahunnya. Seperti yang sudah saya ulas diawal pembahasan untuk mempermudah pembaca sekarang saya akan membagikan file yang berkaitan penuh dengan Cara Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS.

Update Terbaru [Panduan] Cara Membuat Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS Lengkap dan Optimal

Silahkan download dan memiliki file tersebut lewat link yang sudah saya sematkan diakhir halaman. Tidak kalah penting untuk di informasikan Format DUK yang saya bagikan ini sudah dikemas dalam format Microsoft Excel dan sudah dikemas lengkap dan optimal berisi menu yang terdiri dari Nama, Jenis Kelamin, NIP, Nomor, Pangkat terakhir, Jabatan, Nama jabatan, Diklat jabatan, Masa kerja, dan Pendidikan terakhir, serta Tanggal lahir.
Link Download:
  • Download Format Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS.xls Untuk Sekolah - [Klik Disini]
  • Download Format Daftar Urut Kepangkatan (DUK) PNS.xls Untuk Kantor Dinas - [Klik Disini]
  • Download Aplikasi E-DUK PNS - [Klik Disini]
Di Rekomendasikan setelah DUK di dibuat, berikutnya silahkan untuk mencetaknya dalam bentuk Banner Besar supaya seluruh PNS bisa lebih mudah melihat kepangkatan masing-masing. Demikian informasi yang sudah admin susun/ bagikan, semoga bermanfaat dan membantu dalam Administrasi Bidang Kepegawaian.

Comments